WEBINAR Nvivo 12 Plus: “Pengelolaan dan Analisa Data Kualitatif Menggunakan Nvivo 12 Plus”

Jumat 18 Juni 2021 dilaksanakan Webinar mengenai pengelolaan dan analisis data kualitatif menggunakan NVivo yang diadakan oleh Fisipol Research Club, club ini berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dab Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pelatihan yang di selenggarakan oleh Fresh CLub UMY mengundang salah satu tim researcher ESI yaitu Delila Putri Sadayi. Delila adalah salah satu mahasiswa berprestasi yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan telah meraih banyak prestasi diberbagai kegiatan akademik maupun non akademik, untuk sekarang Delila sedang aktif menjadi penulis di E-Governance and Sustainability (ESI) yang sedang dikembangkan oleh Mr. Eko Priyo Purnomo. Webinar ini dilatarbelakangi oleh kesadaran para generasi-generasi muda penerus bangsa yang ada di universitas ini untuk bisa lebih produktif, inovatif, serta kreatif guna mengembangkan potensi yang terdapat dalam diri mereka masing-masing. Acara ini menyajikan informasi mengenai penggunaan software NVivo 12 Plus yang menyajikan visualisasi data peneleitian menjadi lebih akurat dan menarik.

“sayamerasa cukup senang dengan diadakannya webinar ini karena saya jadi bisa mengenal lebih dalam lagi mengenai software NVivo ini, ya walaupun cara penggunaannya agak sedikit membingungkan tapi mungkin kalau sering dipraktekin lagi pasti bisa” ujar seorang peserta yang ditanyakan pendapat dia mengenai acara yang dilakukan ini.

Dalam webinar itu Delila tidak hanya memaparkan materinya mengenai NVivo tapi juga mengajak para peserta untuk langsung mempraktekkannya, hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar segala informasi yang diberikan tidak sia-sia dan dapat menambah keterampalinan peserta. Output dari diadakannya webinar ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru bagi para peserta sehingga mereka bisa menciptakan karya tulis ilmiah dengan baik.


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *