Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Internasional bereputasi

Yogyakarta 18/08/2021, kesadaran mengenai pentingnya publikasi bagi dunia Pendidikan menjadi dasar diadakannya sebuah workshop yang bertajuk “Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi  Jurnal Internasional Bereputasi”. Workshop ini diadakan oleh Pusat Publikasi Ilmiah, HKI, dan Pengelolaan Jurnal yang beradda di bawah naungan LPPM Universitas Palangkaraya dan dikhususkan bagi dosen serta akademisi di lingkungan tersebut. Agenda yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom ini diikuti oleh kurang lebih 67 peserta dan menghadirkan Prof. Dr. Ir. Carunia Mulya Hamid Firdausy M.A  serta bapak Eko Priyo Purnomo, BA., M.Sc., M.Res, Ph.D. sebagai narasumbernya.

Prof.Dr. Salampak Dohong, MS dan Ketua LPPM Dr. Ir. Aswin Usup, M.Sc. selaku perwakilan dari rector UPR membuka pelatihan pada pagi tersebut secara resmi. Dalam pidato pembukaanya beliau berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini ia berharap akan memberikan dampak yang baik terutama bagi para tenaga pengajar UPR.

“masih kurangnya publikasi jurnal sangat merugikan dosen dosen yang ada karna hal tersebut menjadi salah satu factor hambatan untuk kenaikan pangkat. Saya harap setelah ini kita bisa berbenah dan mulai serius dalam hal publikasi artikel pada jurnal bereputasi karna hal tersebut sangat memberikan keuntungan bagi individu maupun institusi” ucap Prof.Dr. Salampak Dohong, MS.

Dalam kesempatan kali ini sesuai dengan temanya, bapak Eko Priyo menjelaskan mengenai etika serta strategi-strategi yang tepat dalam memilih target jurnal internasional yang bereputasi agar. Dalam pemaparannya beliau juga memberikan tips and trick jitu yang dapat lebih memudahkan para penulis agar hasil tulisannya bisa diterima oleh jurnal tujuan mereka. pada penghujung acara, Dr. Ir. Adi Jaya, MSi. selaku Kepala Pusat Publikasi Ilmiah, HKI, dan Pengelolaan Jurnal UPR mengatakan bahwa ia sangat berharap kegiatan  pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai disini karena ia ingin untuk adanya ketersediaan dari kedua narasumber untuk terus membimbing mereka semua sampai pada akhirnya bisa memiliki tulisan yang mampu menembus jurnal internasional.

“saya harap seluruh peserta mampu memanfaatkan serta menerapkan ilmu yang telah diberikan sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi individu maupun instansi masing masing kedepannya” hal ini diungkapkan oleh prof Eko Priyo selaku direktur ESI guna menyalurkan semangat menulisnya kepada peserta peserta maupun instasi yang sudah mau bekerjasama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *