Pendampingan Penulisan Artikel Untuk Dosen dan Mahasiswa pada Jurnal serta Proceeding Internasional

Yogyakarta 28/07/2021, melalui aplikasi Zoom Meeting telah diadakan workshop yang bertema “pendampingan penulisan artikel untuk dosen pada proceeding international”. Workshop ini diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan dosen dosen pengajar pada fakultas hukum universitas Janabadra, workshop ini diadakan dalam rangka mempersiapkan konferensi Internasional. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB mempunyai beberapa agenda penting yakni yang pertama membahas tentang bagaimana cara mengubah teks atau draft tulisan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa inggris dengan memanfaatkan google documents translator serta penggunaan aplikasi Grammarly guna memperbaiki tata Bahasa (Grammar).

Setelah mempelajari cara mengubah teks tersebut, maka selanjutnya para peserta diajarkan cara untuk memparafrase teks yang sudah ada agar hasilnya lebih bagus lagi menggunakan sebuah website yang bernama Quillbot, hasil dari Quillbot inilah yang akan menjadi teks utama. Kegiatan selanjutnya pada sesi kedua dari workshop ini ialah bagaimana caranya mengubah naskah yang ada menjadi sesuai dengan template jurnal yang dituju, sesi ini menyita cukup banyak waktu karena dibutuhkan konsentrasi tinggi dari para peserta dalam menyesuaikan naskah mereka, proses ini merupakan salah satu langkah krusial penentu dari diterima atau tidaknya jurnal yang disubmit karena itu adalah first skrining dari pihak jurnal dalam menilai jurnal tersebut.

Agenda terkahir dari workshop ini ialah memperkenalkan berbagai macam jenis referensi yang biasanya digunakan pada jurnal jurnal internasional seperti jenis Institute of Electrical Engineers atau lebih dikenal dengan IEEE style. Selain itu ada juga jenis Vancouver, umumnya sistem penulisan ini disebut sebagai Author-number System dikarenakan sistem penulisannya yang merujuk menggunakan angka. Para peserta difokuskan untuk mempelajari jenis referensi Vancouver Bracket karena kebanyakan naskah untuk konferensi menggunakan  jenis referensi  yang ini. Sebelum mengakhir workshop tersebut juga diadakan sesi tanya jawab yang mana menjadi kesempatan bagi para peserta untuk bertanya lebih lanjut lagi  mengenai apa yang sudah diajarkan. “saya harap seluruh peserta mampu memanfaatkan serta menerapkan ilmu yang telah diberikan sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi individu maupun instansi masing masing kedepannya” hal ini diungkapkan oleh prof Eko Priyo selaku direktur ESI guna menyalurkan semangat menulisnya kepada peserta peserta maupun instasi yang sudah mau bekerjasama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.