WORKSHOP “Strategi Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi”

Yogyakarta, 20 & 23-24 Agustus 2021 –  salah satu program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yakni Program Studi Magister Manejemen melaksanakan lagi sebuah workshop yang bertema tentang penulisan jurnal internasional bereputasi. Pada workshop ini narasumber focus memberikan penjelasan tentang pemanfaatan beberapa software yang sangat mendukung dalam dunia  kepenulisan artikel, beberapa tools tersebut ialah Mendeley, Turnitin VOSviewer, Nvivo, Publish or Perish dan QuiBot. Mengingat lumayan banyaknya software yang diajarkan maka workshop kali ini dibagi menjadi tiga pertemuan, pertemuan pertama diadakan pada tanggal  20/08/2021 dan pertemuan kedua serta ketiga pada tanggal 23-24/08/2021, masing masing pertemuan berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 15.30 WIB.

Dengan keadaan ditengah pandemic seperti saat ini maka workshop diadakan secara online dengan memanfaatkan Zoom. Narasumber yang dipilih ialah bapak Eko Priyo Purnomo, M.RES., Ph.D .Topik yang didiskusikan pada workshop kali ini cukup beragam, seperti pada hari pertama yang menjadi pembahasan utama ialah etika publikasi serta strategi dalam proses pencarian jurnal bereputasi internasional. Lalu pada hari berikutnya dilanjutkan dengan diadakannya pelatihan  serta pemberian tips tips  menulis artikel dan literature review. Dan pada hari terakhir bapak Eko Priyo membagikan ilmunya dalam memparafrase tulisan tulisan terdahulu dan tidak  lupa juga menjelaskan tentang tools pembantu guna mencari jurnal tujuan seperti scimago.

“diadakannya workshop ini seiring dengan jarapan saya agar bertambahnya kemampuan dosen serta mahasiwa MM UMY dalam hal menulis” ucap Dr. Arni Surwanti, M.S.i yang merupakan ketua program studi Magister Manajemen UMY

 Dr. Eko Priyo Purnomo juga setelah sesi penjelasannya memberikan motivasi-motivasi bagi seluruh peserta yang ada untuk jangan pernah bosan mengasah kemampuan mereka karena beliau yakin setiap orang mempunyai potensi dalam diri mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.