National Seminar “Strategies and Mitigation to Encourage Community and Leaders in Overcoming Climate Change (Especially in Dealing with the Threat of Melting Polar Ice)

Rabu 01/09/2021. Seiring berjalannya waktu bumi yang kita tempat juga semakin menua dan tanpa disadari banyak factor yang semakin mendukung proses  penuaan bumi ini, perubahan iklim yang sekarang kita rasakan sekarang merupakan salah satu efek dari hal tersebut.

Dalam rangka memperingati hari jadi Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PP Muhammadiyah yang ke 16 tahun maka diadakanlah seminar yang focus membahasa tentang strategi serta mitigasi dalam menghadapi fenomena alam yakni perubahan iklim, seminar yang diadakan secara daring ini cukup menarik banyak orang terbukti dengan lumayan banyaknya peserta yang ikut andil dalam pelaksanannya.

Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si selaku ketua umum dari PP Muhammadiyah mengatakan bahwa perubahan iklim yang terjadi sekerang ini merupakan sebuah masalah global yang harus diperhatikan oleh seluruh individu yang ada dimuka bumi karena tanpa kita sadari bahwa kita semua ikut andil dalam proses perubahan ini. Beliau juga memaparkan bahwa terdapat sebuah hikmah dibalik kehadiran pandemic COVID-19 yang masih ada sampai sekarang, menurutnya adanya pandemic ini bisa dimanfaatkan oleh setiap orang untuk merenungi seluruh perbuatannya kepada alam selama ini dan mulai menyadari betapa pentingnya menjaga seluruh kekayaan alam yang telah Allah SWT.

“semuanya saling interkoneksi dan pandemi covid 19 itu menyadarkan kita tentang perlunya kita distance mengambil jarak dari alam agar kita manusia tidak bernafsu secara berlebihan untuk menguras alam yang berdampak pada perubahan iklim yang tidak diakibatkan oleh pemanasan global dan pemanasan global juga merupakan produk dari interaksi manusia dengan alam yang tidak lagi harmonis” ucap beliau.

Perubahan iklim tentu akan memberikan efek dari yang berskala kecil maupun besar seperti bencana alam maka setiap negara yang haruslah mempersiapkan segala upaya untuk mengurangi resiko jika terjadi suatu bencana (Mitigasi), terjadinya suatu bencana alam memanglah tidak bisa dicegah tetapi kita sebagai manusia harus bisa meminimalisir factor yang dapat menjadi penyebab dari hal tersebut dan apabila kemungkinan terburuk terjadi maka kita harus sudah siap menghadapinya agar tidak memberikan efek serta kerugian yang besar terutama bagi negara atau daerah yang terjadi bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.