APLIKASI “JogjaLoop” GUNA MENDUKUNG TERCIPTANYA KONSEP KOTA INKLUSIF DI KOTA YOGYAKARTA

Setiap tahun jumlah penduduk maupun pelancong di Kota Yogyakarta terus mengalami peningkatan sehingga tingkat mobilitas di kota ini juga pastinya akan selalu meningkat. Untuk menunjang kegiatan mobilisasi warga tentunya dibutuhkan berbagai macam fasilitas umum terutama pada bidang transportasi. Kota Yogyakarta sebagai salah satu kota pintar (Smart City) harus bisa menciptakan berbagai inovasi yang berbasis IoT sehingga bisa mempermudah masyarakat dalam berkegiatan.

Hal tersebut menjadi latar belakang dari diciptakannya sebuah aplikasi yang Bernama ”JogjaLoop”, penggagas aplikasi ini ialah Eko Priyo Purnomo, S.IP.. M.Si., M.Res., Ph.D., dan Prof. Dr. Achmad Nurmandi M.Sc yang merupakan dosen serta peneliti di Jusuf Kalla School Government (JKSG) UMY

JogjaLoop adalah sebuah aplikasi yang memuat informasi terkait transportasi umum yang ada di Kota Yogyakarta. Penciptaan aplikasi bertujuan guna mempermudah masyarakat terutama para wisatawan yang berkunjung ke kota pelajar ini selain itu juga untuk terwujudnya ide kota inklusif. Kota Inklusif merupakan kota dimana semua masyarakat mampu hidup bersama-sama dengan aman dan nyaman, serta mempuntai kesempatan yang sama untuk berpartisipasi penuh dalam dimensi spasial,sosial dan ekonomi tanpa adanya diskriminasi.

“konsep kota inklusif mampu menekan angka kemiskinan disuatu  daerah juga bisa meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi.” ucap Nurmandi selaku Wakil Rektor UMY pada Bidang Kerjasama dan Internasional mengenai konsep tersebut.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan semoga seluruh lapisan masyarakat  bisa lebih nyaman dan merasa terbantu. Aplikasi JogjaLoop sudah bisa digunakan oleh pengguna Android maupun IoS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *