Agenda Pertama Webinar Penulisan Karya Tulis Ilmiah Batch #1 : Output Visualisasi Literature Review melalui Software Vosviewer

Sabtu, 18 Sepetember 2021 telah terlaksana Webinar Pelatihan Penulisan Ilmiah yang diikuti oleh kurang lebih 20 peserta dari 130 peserta yang terdaftar dari berbagai Perguran Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Diantaranya peserta terdiri dari akademisi, dosen,dan mahasiswa dari beberapa universitas antara lain, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Mulawarman (UNMUL), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Jember (UMJember), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan lainnya.

Webinar ini merupakan serangkaian pelatihan penulisan dengan output penulisan yang dapat diterbitkan pada jurnal terindex nasional maupun internasional. Workshop penulisan ini terbagi atas empat (4) pertemuan yang dilakukan setiap minggu sekali. Pada pertemuan pertama telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 September 2021, dimana pertemuan pertama membahas terkait dengan pentingnya menulis dan publikasi karya ilmiah. Pertemuan pertama, peserta diminta untuk bisa memahami bagaimana membuat kerangka penulisan ilmiah yang baik dengan membuat kerangka berpikir penelitian dan mencari gap penelitian menggunakan software Vosviewer. Melalui software Vosviewer peserta dapat memahami serta memvisualisasikan gap penelitian yang diperoleh dari kumpulan penelitian terdahulu diperoleh dari data Scopus. Berikut ini merupakan hasil visualisasi dari olahan data yang didapatkan dari Scopus.

Figure 1. Rural Areas

Figure 2. Sustainable Development

Output pertemuan pertama webinar penulisan ini diharapkan perserta dapat membuat literature review yang diolah melalui software Vosviewer. Peserta webinar penulisan dapat mengolah data berbentuk .csv yang telah disediakan berdasarkan pada minat keywords yang diinginkan oleh peserta yang dapat diakses melalui link berikut ini;

https://drive.google.com/drive/folders/1AX1y45GsZ0i7tc7AJ48NEiHWg5_3q3DP?usp=sharing

Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D selaku Direktur E-Governance and Sustainability Institute (ESI) mengatakan bahwasannya peserta yang mengikuti webinar kepenulisan ilmiah harus memiliki output artikel jurnal yang siap dikirimkan pada jurnal terindex Internasional Scopus atau WoS (Web of Science). Peserta akan mendapatkan fasilitas dan free Consultation untuk artikel yang ditulis hingga dikirimkan pada jurnal terindex.

Pelatihan selanjutnya dilakukan pada hari Sabtu, 25 September 2021 yang akan membahas tentang Strategi memilih jurnal terindex Scopus dan Web of Science (WOS) serta bagaimana menghindari predatory journals.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.