WEBINAR Batch #3: Etika Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Yogyakarta 02/02/2021, telah diadakannya sesi ketiga webinar yang membahas tentang Etika Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah-Menentukan Topik Yang menarik. Webinar ini merupakan rangkaian kegiatan Webinar ESI #1 yang ditargetkan menghasilkan sebuah output berupa jurnal yang nantinya bisa diterbitkan pada jurnal yang terindex nasional ataupun internasional. Pada pertemuan keempat ini peserta diajarkan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam menentukan Judul, Afiliasi, Abstrak dan Keywords, Pendahuluan, Metode Penelitian, Temuan & Pembahasan, serta Kesimpulan dari sebuah jurnal.

Setelah menjelaskan topik yang terkait, dari team ESI langsung melakukan pemeriksaan terhadap progress jurnal yang sudah disampaikan kepada para peserta sebelumnya,  sejauh ini peserta mampu menerapkan apa yang sudah disampaikan pada sesi sesi sebelumnya, hal tersebut dibuktikan dengan sudah adanya beberapa peserta yang mampu menuliskan draft jurnal yang sudah mereka tulis dan juga sudah bisa memanfaatkan beberapa tools seperti Mendeley dan VOSViewer. Dengan adanya tools tersebut sangat membantu para peserta dalam melakukan penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah.

Selain dengan bantuan Software Mendeley dan  VosViewer, para peserta juga diberikan saran untuk menambah pemahaman dan tingkatan karya tulis dengan tools lain, adapun tools yang menjadi focus kami dalam pelatihan batch 1 adalah sebagai berikut:

Gambar 1 : Berbagai Software Yang Dapat Membantu Metodologi

Output dari sesi ketiga webinar ini ialah peserta diharapkan sudah mampu membuat satu draft jurnal yang didalamnya telah mengandung komponen-komponen utama dari sebuah jurnal. Sehingga pada sesi terakhir nanti draft tersebut sudah bisa dikembangkan menjadi jurnal yang utuh.

Sesi selanjutnya akan diadakan pada hari Sabtu, 09 Oktober 2021 dengan topik pembahasan yakni Bagaimana Mendapatkan Referensi Terbaik Dengan Mudah Menggunakan Publish or Perish.


1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.