ESI Selesaikan WEBINAR Batch #1 Penulisan Ilmiah dengan Output Artikel yang Siap di Publikasikan pada Jurnal Terindex Scopus

Yogyakarta, Sabtu 09/10/2021 sesi terakhir dari serangkaian agenda pada Webinar ESI batch 1 telah dilaksanakan, sesuai timeline acara yang sudah diagendakan, pada hari ini yang menjadi topik utama pembahasan ialah cara mendapatkan referensi terbaik dengan mudah menggunakan Publik or Perish (PoP). Publish or Perish (PoP) sendiri adalah sebuah software yang bisa digunakan untuk mencari meta data karya ilmiah dari semua bidang ilmu secara gratis. Publish or perish dirancang untuk membantu individu ataupun akademisi untuk mencari dan menganalisis sumber informasi yang dibutuhkan. Publish or Perish (PoP) juga dapat membantu menyeleksi artikel-artikel di data base online. Para peserta diajarkan mulai dari cara menginstall sampai ke cara mengoperasikan PoP.

Dengan aplikasi PoP, kita dapat mengambil dari sumber-sumber referensi data base besar artikel atau karya ilmiah seperti google scholar, scopus, web science, microsoft academic, PubMed (berkaitan dengan topik medis) dan Crosref. Sejauh ini sudah ada beberapa tools yang telah diajarkan oleh tim ESI kepada para peserta, harapnnya dengan berbagai tools yang sudah diajarkan peserta bisa memanfaatkannya dengan maksimal untuk mendukung proses penulisan karya ilmiah mereka.

Setelah pembahasan mengenai masalah teknis dari penggunaan PoP selesai selanjutnya pihak ESI melakukan review ulang atas seluruh rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan mulai dari pertemuan pertama sampai yang terakhir hari ini sebagai bahan evaluasi. Peserta juga menenunjukan rasa antusias mereka terhadap kegiatan yang diadakan ini serta mereka berharap adanya webinar selanjutnya berfokus pada pengolahan data seperti Nvivo 12 plus, Smart PLS, SPSS, Netlytics, dan software lainnya yang mendukung pengolahan data penelitian. Selain itu output dari Webinar batch #1 Kepenulisan Ilmiah ini peserta dapat mempublikasikan artikelnya pada Jurnal terindex Scopus.

“Terimakasih bapak ibu sudah bersedia mengikuti acara kami, ini merupakan pengalaman baru bagi segenap tim ESI dan kami sunggu mengapreasi antusias yang kalian berikan. Jika ada kesalahan selama berjalannya kegiatan ini saya mohon maaf. Semoga kolaborasi kita tidak berhenti sampai disini saja dan semoga ilmu yang telah kami bagikan dapat diimplementasikan sehingga mampu membantu karir kita semua” ucap Prof. H. Eko Priyo Purnomo, S.IP., M.Si., M.Res., Ph.D pada penghujung acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *