Workshop Big Data Penelitian Sosial bagi Dosen S1 dan S2 Magister Administrasi Publik di Universitas Mulawarman

Samarinda 15, 16, 17 Oktober 2021. Penggunaan big data untuk kegiatan riset berpeluang memberikan kontribusi akademis dalam sisi skala analisa yang lebih besar karena masih jarang digunakan untuk riset bidang sosial humaniora juga memungkinkan peneliti mengunduh data global maupun nasional secara cepat lalu mengurangi resiko kesalahan manusia yang sering terjadi pada entri data manual serta lebih efisien secara waktu. Berdasarkan hal tersebut rasanya sangat penting bagi dosen dosen menguasinya, hal ini mendorong Universitas Mulawarman mengadakan sebuah workshop yang bertemakan big data penelitian social dan dikhususkan bagi dosen S1 maupun S2. Acara yang diadakan di Blue Sky Hotel ini ditempuh selama 3 hari.

Dalam kegiatan kali ini yang menjadi pembicara utamanya adalah Prof. Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D, Aqil Teguh Fatahni S.IP, M.IP, serta Agus Tiyara S.IP, M.PA yang berasal dari ESI. Kegiatan yang berjalan selama tiga hari ini diisi dengan berbagai materi seperti strategi penulisan jurnal untuk yang berindex nasioanal maupun internasional serta berbagai macam tools yang dapat digunakan dalam menunjang penelitian seperti VOSViewer, NVivo, PoP, Mendeley dan berbagai macam lainnya. Output dari kegiatan ini ialah setiap peserta mampu menulis sebuah artikel sebagai  bentuk latihan untuk memperdalam skill masing masing

“jaman sekarang skill kepenulisan sangat dibutuhkan terutama dalam  dunia Pendidikan karena sangat membantu kita dalam berbagai hal juga dalam karir, semoga kesempatan kali ini bisa dimanfaatkan denga baik sehingga memberikan hasil yang tidak sia sia, dan saya harap kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi dikesempatan lainnya” pesan prof Eko pada penghujung acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *