Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah Hadirkan Diskusi Dialog Iklim dan Agama

Yogyakarta 20/10/2021, Dalam rangka memperingati milad Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang ke-16 maka diadakan dialog tentang bagaimana pentingnya agama dan perubahan iklim. Acara yang berlangsung pada pukul 16.00 ini disiarkan secara langsung melalui kanal youtube tvMu Jogja Channel dan media social @tvmujogja, jalannya acara dipimpin oleh Prof.  Eko Priyo Purnomo, S.IP., M.Si., M.Res., Ph.D selaku pembawa acara dan  disusul oleh tiga narasumber yakni Ir. Laksmi Dhewanti, M.A. beliau adalah adalah Direktur Jenderal pengendalian perubahan iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana Republik Indonesia, lalu narasumber kedua ialah Ir. Medrilzam, M.Prof. Econ, Ph.D. direktur lingkungan hidup di BAPPENAS dan yang terakhir adalah Dr.Hanafi Sofyan Guciano, M.Si., M.Res., Ph.D yang aktif bergerak pada Green Finance.

Pembahasan mengenai perubahan iklim menjadi pembuka dari jalannya diskusi kali ini, dalam dialeg yang berjalan kurang lebih sekitar satu jam ini fokus membicarakan mengenai tantangan yang kita semua hadapi saat ini yakni perubahan iklimyang mana ini menjadi tanggung jawab semua orang dan kita juga harus bisa menciptakan segala macam solusi untuk menghadapi hal ini dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak dan tentunya tidak melupakan peran agama didalamnya.

Acara ini kemudian ditutup dengan statement dari Prof Eko berupa “kita meyakini bahwa perubahan iklim dan agama itu sesuatu yang harus bersinergi dan merupakan sesatu masalah yang transboundary maka dibutuhkan kolaborasi baik dari padda pemuka agama maupun stakeholder sehingga masalah perubahan iklim ini bisa terselesaikan bersama sama baik pada level nasional maupun secara global

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *